Khasiat Serta Manfaat Daun Sirih

Tahukah anda fakta tentang khasiat daun sirih? Daun sirih adalah tanaman herbal asli Indonesia yang kaya akan manfaat. Daun sirih ini tumbuh merambat dan menyandar pada batang pohon. Sirih atau dalam bahasa latin dikenal Piper Betle L memiliki banyak khasiat yang mungkin bagi sebagian orang tidak mengetahuinya.

daun sirih

Daun sirih merupakan salah satu jenis daun yang banyak memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Di dalam daun sirih mengandung zat-zat yang berguna untuk tubuh dalam menghindari berbagai macam penyakit. Khasiat daun sirih memang sudah dipercaya sejak zaman nenek moyang dalam mengobati berbagai jenis penyakit.

Sejak dulu, bangsa Melayu terutama budaya sebagian masyarakat Indonesia masih ada yang melakukan kegiatan mengunyah daun sirih bersama pinang, gambir dan kapur sirih. Kegiatan ini disebut “nginang”, yang dipercaya dapat menguatkan gigi dan mencegah sakit gigi. Sehingga, walaupun usia tua tetapi gigi tetap kuat dan terhindar dari sakit gigi.

Khasiat daun sirih telah diuji secara klinis dan masih dalam tahap penelitian lanjutan yang lebih mendalam untuk mengetahui khasiat lain yang tersembunyi dalam tanaman herbal ini. Daun sirih memang terkenal dengan ciri khas rasanya yang sangat pahit tetapi khasiatnya sangat luar biasa untuk kesehatan.

Daun sirih dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti kanker, keputihan, bau badan, sakit gigi, ambeien, bau mulut, diabetes, batu ginjal, alergi, gatal-gatal, mimisan, bronchitis, jantung, penyakit kulit, obat luka bakar, bisul, gusi berdarah, mata merah, masuk angin, asam urat dan sebagainya.

Segudang khasiat daun sirih tersebut dikarenakan kandungan zat-zat didalamnya sangat berguna untuk kesehatan diantaranya flavonoid, alkaloid, tanin, minyak atsiri dan lain-lain. Senyawa flavonoid berfungsi sebagai antioksidan, anti inflamasi, antiseptic dan anti kanker. Sedangkan senyawa alkaloid dipercaya dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.

Khasiat daun sirih sebagai anti mikroba seringkali dijadikan sebagai obat kumur untuk membunuh kuman-kuman dalam rongga mulut yang dapat menyebabkan bau mulut tak sedap dan dapat menjaga kesehatan rongga mulut.

Selain itu, daun sirih memiliki kandungan minyak atsiri yang berfungsi sebagai anti jamur dan anti kuman. Sedangkan, Kandungan antiseptik di dalam daun sirih dapat mengurangi keputihan dan bau tidak sedap. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Rebus 5-7 lembar daun sirih lalu gunakan air rebusan daun sirih untuk membilas organ kewanitaan.

Untuk mendapatkan daun sirih ini pun tidaklah sulit karena tanaman ini banyak tumbuh dan menyebar di berbagai daerah di Indonesia. Tak heran, banyak orang mulai membudidayakan tanaman ini bahkan menanamnya di dalam pot sekitar rumah sebagai tanaman herbal yang memiliki kaya manfaat dan khasiat.

Nah, sudah tahukan khasiat daun sirih? Semoga semakin banyak penelitian yang dapat mengungkapkan khasiat lain dalam tanaman ini. Bukankah Tuhan menciptakan makhluk dan seisinya pasti memiliki manfaat bagi manusia? Tinggal bagaimana manusia bisa memanfaatkan kekayaan alam terutama tanaman daun sirih ini dengan sebaik-baiknya. Semoga bermanfaat.

advertisement