Jenis Android dan Macam-Macam Android Terbaru

Jenis Android dan Macam-macam Android TerbaruJika Anda merupakan salah satu dari pengguna ponsel Android, tentunya mengetahui kalau Android terdiri dari bebrapa jenis atau versi. Versi-versi tersebut terus mengalami perombakan serta penambahan fitur ke arah yang lebih baik, dari versi Android pertama yaitu Android 1.1 hingga yang paling baru yaitu Android 4.1 Jelly Bean. Uniknya, penamaan versi Android ini diambil dari nama makanan yang manis serta penamannya mengikuti urutan abjad. Penasaran nama apa saja yang diberikan Android untuk sistem operasinya? Berikut macam-macam versi Android.


1. Android 1.1

Versi ini dirilis pada tanggal 9 Maret 2009 oleh Google. Versi ini memiliki pembaruan pada aplikasi, jam alarm, pengiriman email melalui Gmail, serta notifikasi email.

2. Android 1.5 Cupcake

Versi Android yang satu ini dirilis pada pertengahan bulan Mei 2009. Pembaruan versi ini meliputi merekam video, dukungan bluetooth A2DP, animasi layar, mengunggah video ke situs YouTube, serta keyboard pada layar.

3. Android 1.6 Donut
Versi ini dirilis pada bulan September 2009, dengan menambahkan fitur proses pencarian yang lebih baik. Selain itu, terdapat juga penambahan fitur galeri, kemampuan dial kontak, CDMA/EVDO, 802.1X, Gestures, VPN, serta teknologi text to change speech.

4. Android 2.0/2.1 Eclair
Android 2.0/2.1 Eclair ini dirilis pada tanggal 3 Desember 2009. Yang ditingkatkan pada versi ini adalah dari sisi hardware, versi Google Maps yang diperbarui, UI yang berubah dengan browser baru, dukungan HTML5, Bluetooth 2.1, flash pada kamera 3.2MP, serta fitur digital zoom.

5. Android 2.2 Froyo (Frozen Yoghurt)
Versi ini diluncurkan pada tanggal 20 Mei 2010. Pada versi ini, yang ditambahkan adalah dukungan Adobe Flash 10.1, kinerja yang dipercepat 2 sampai 5 kali lipat, integrasi V8 JavaScript engine untuk mempercepat rendering pada browser, terutama google Chrome, aplikasi yang bisa dipasang ke SD Card, Wi-Fi hotspot, serta fitur auto update pada Android Market.

6. Android 2.3 Gingerbread
Versi ini diluncurkan pada tanggal 6 Desember 2010. Pada versi ini yang ditingkatkan adalah kemampuan permainan atau game, fungsi copy paste yang ditingkatkan, tampilan antar-muka yang didesain ulang, efek audio baru, dukungan NFC, serta dukungan kamera dengan jumlah dari satu.

7. Android 3.0 Honeycomb
Android versi ini dibuat khusus untuk tablet, karena pada versi ini dukungan terhadap layar yang lebih besar mulai diterapkan. Selain itu, untuk tampilan antar-mukanya juga dibuat berbeda untuk menyesuaikan dengan tablet. Tablet pertama yang ‘mencicipi’ versi ini adalah Motorola Xoom.

8. Android 4.0 Ice Cream Sandwich
Versi ini dirilis pada tanggal 12 September 2011. Versi ini dibuat sebagai solusi untuk mengatasi masalah fragmentasi akibat banyaknya gadget Android yang mengusung tema Holo sebagai tema standar atau default pada berbagai aplikasi.

9. Android 4.1 Jelly Bean
Android versi terbaru dan banyak digunakan oleh ponsel atau tablet masa kini ini diluncurkan pada bulan Juli 2012. Versi ini mengalami perbaikan pada fitur voice search serta aplikasi kameranya. Versi ini juga sudah mendukung perangkat audio tambahan melalui USB.

Sebenarnya masih ada satu lagi versi Android terbaru, yaitu Android 5.0 Key Lime Pie, namun sejauh ini masih belum ada keterangan detil terkait versi terbaru Android tersebut. Semoga aja infonya bisa kita dapatkan dalam waktu dekat.

advertisement